Danau Bedugul merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Bali yang terletak di Kawasan Candi Kuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan. Akses menuju ke tempat wisata ini sangat mudah karena letaknya di pinggir jalan antara kota Singaraja dan kabupaten Tabanan. Jaraknya dari kota Denpasar sekitar dua jam atau sekitar 56 Km. Sejarah pura ulun Danu Bratan dapat diketahui berdasarkan data arkeologi dan sejarah yaitu dalam lontar babat ngawi. Data arkeologi yang berlokasi di halaman depan pura ulun Danu Bedugul berupa sebuah sarkofagus atau papan batu yang diperkirakan telah ada sejak zaman megalitik, sekitar 500 tahun sebelum Masehi. Artifak tersebut sampai sekarang diletakkan di halaman teras (babaturan). Diperkirakan pura danau Bedugul sudah dijadikan sebagai tempat ritual sejak zaman megalitik.

Pura ulun danu yang ada di sana terlihat seakan-akan mengambang diatas air sehingga memancarkan view yang indah. Sangat bagus untuk foto prawedding atau sekedar menerusi hoby selfie dan berfoto. Pura tersebut mempunyai arsitektur yang sangat khas dan mencirikan Bali. Pura ulun Danu mempunyai atap 7 tingkat konon atap yang bertingkat tersebut melambangkan 3 dewa penjaga kemakmuran. Keindahan alam lainnya yang bisa dinikmati adalah berupa panorama pegunungan yang melatar belakangi keindahan danau Bedugul. Bahkan tempat wisata ini pernah dimasukkan sebagai gambar dalam mata uang pecahan 50 ribu. Kebanyakan pengunjung danau Bedugul ialah wisatawan mancanegara namun wisatawan local dari Pulau Jawa setiap liburan datang berlibur kesini. Untuk harga tiket masuk ke sana masih tergolong murah yaitu 20.000/1 orang dewasa.

Selain itu Kawasan danau Beratan Bedugul terletak di ketinggian 1240 m meter diatas permukaan laut sehingga memiliki udara yang cukup sejuk hampir mirip dengan wilayah takengon (Aceh Tengah). Disisi sebelah barat danau Beratan atau dekat pintu masuk danau terdapat sebuah masjid yang sudah cukup tua yaitu masjid Besar Al-Hidayah. Letak masjid ini berada di sebuah bukit kecil sehingga menampakkan keindahan panorama danau dari kejauhan. Jadi tidak perlu khawatir dengan tempat Shalat bahkan masyarakat di sana sangat toleran satu dengan yang lain. Jika berlibur ke sana jangan lupa singgah di Danau Bedugul.

[Total: 1    Average: 5/5]