Merbok, Penggalian di mulai 47 situs arkeologi di Sungai Batu

Merbok: Sebanyak 47 titik di situs arkeologi di Sungai Batu, Merbok dekat sini telah dipetakan untuk penggalian artefak di mungkin peradaban tertua di Asia Tenggara.

Direktur Universiti Sains Malaysia (USM) global Penelitian Arkeologi Pusat Profesor Datuk Dr Mokhtar Saidin mengatakan, upaya untuk melacak peninggalan sejarah jelas akan mengambil waktu sebagai karya penelitian harus dilakukan dengan cermat.

“Bekerja untuk membuka 47 situs itu sendiri butuh waktu sekitar lima tahun untuk menyelesaikan pemetaan adalah proses yang lambat.

“Dari 47 situs dibuka, kami menemukan empat fungsi yaitu besi situs industri peleburan, port dengan 10 dermaga, sebuah situs ritual ibadah di Gunung Jerai dan 13 bangunan administrasi,” katanya kepada Bernama saat ditemui di Sungai Batu situs arkeologi di Merbok sini.

Dia mengatakan tim juga akan melanjutkan untuk membuka lagi 50 situs di daerah secara bertahap.

Monumen Sungai Batu

Monumen Sungai Batu

Mokhtar mengatakan USM telah memberikan RM1 juta hibah tahun ini untuk dia dan timnya untuk melanjutkan penelitian dan penggalian di 50ha situs arkeologi.

“Temuan itu diyakini telah tanggal kembali ke abad ke-5 SM, namun masih banyak fungsi tombol yang kita belum menemukan termasuk tanah pemakaman, pemukiman dan bata pabrik,” katanya.

Dia mengatakan situs peleburan besi ditemukan oleh timnya adalah salah satu penemuan mengejutkan sejauh itu menunjukkan industri besi telah didirikan jauh lebih awal.

The “Jom cari Kedah Tua” Program ini berlangsung dari 28 Februari-2 Maret yang melibatkan 109 peserta untuk memberi mereka eksposur dalam pekerjaan penggalian.

Peserta dari program yang diselenggarakan oleh mahasiswa Awal Kedah Peradaban Sekretariat Penelitian terdiri dari Universiti Teknologi Mara (UiTM), Merbok dan media praktisi.

sumber : http://www.thestar.com.my/

[Total: 0    Average: 0/5]

About The Author

Tags:

Related Posts

0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
Total
0