Wang Gunung Perlis
Wang Gunung Perlis

Minggu 8 Januari saya tiba di Pulau Penang Malaysia untuk melanjutkan studi Master Arkeologi di Universiti Sains Malaysia. Baru dua minggu saya berada di sana teman-teman PPAG sudah mengajak Haiking ke salah satu Puncak gunung tertinggi di Malaysia yakni Pintu Wang Gunung. Pintu Wang Gunung ialah salah satu bukit tertinggi yang terletak di Perlis, Malaysia dan berbatasan langsung dengan negara Thailand, ketinggian mencapai 499 meter. Di kalangan pecinta Haiking Wang Gunung sangat terkenal karena keunikan dan tantangannya dengan tebing-tebing yang sangat curam.

Tim Arkeohaiking Univirsiti Sains Malaysia
Tim Arkeohaiking Univirsiti Sains Malaysia

Hari minggu 22 Januari 2017 setelah melakukan persiapan yang matang kami akhirnya berangkat ke lokasi. Perjalanan dari Pulau Pinang ke Perlis membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam dengan jarak sekitar 115 Km. Setibanya di sana kami terlebih dahulu berhenti di salah satu warung di kaki bukit untuk membeli makan tengah hari. Setelah selesai membeli semua keperluan kami menuju lokasi tempat awal berkumpul. Disana kami sudah ditunggu beberapa orang tour gaide dan puluhan siswa sekolah menengah yang akan haiking bersama kami. Sebelum mendaki pemandu memimpin membaca doa agar Allah memberikan keselamatan dan terhindar dari segala bahaya. Kemudian pemandu menghitung jumlah peserta haiking, semuanya berjumlah 30 orang. Sementara itu kami juga tidak lupa untuk foto bersama sebagai momen awal kami mendaki.

Menerjang Batu di wang gunung
Menerjang Batu di wang gunung

Hari itu cuaca sedikit mendung perkiraan saya hari itu akan hujan. Kami tetap semangat karena sangat penasaran dengan tantangan dan panorama alam yang sangat indah di sana. Selain itu, kehadiran puluhan siswa membuat kami semakin semangat untuk mendaki. Tepat pukul 09: 00 pagi kami mulai mendaki. Perkiraan saya sangat tepat baru 20 menit kami berjalan hujan turun sangat deras. Kami tetap melanjutkan perjalanan karena jika tidak maka kami akan pulang larut malam. Rasa takut mulai terasa karena kami telah terbagi ke dalam beberapa kelompok namun setiap kelompok ada satu orang pemandu. Sebahagian teman-teman yang perempuan ada yang sudah lelah sehingga pemandu harus menunggu mereka beristirahat sehingga mereka jauh tertinggal di belakang. Kelompok saya berjumlah 8 orang terus berjalan walaupun diguyur hujan lebat. Untuk mencapai puncak wang gunung membutuhkan waktu 3 sampai 4 jam. Dalam perjalanan mendaki ada 14 titik pemberhentian yang sudah disediakan untuk beristirahat.

Sesudah satu jam mendaki hujan pun reda namun kesulitan menaiki bukit wang gunung semakin terasa karena setelah hujan, tanah menjadi begitu licin kami sempat beberapa kali terjatuh. Selain itu bukit Wang Gunung juga terkenal mempunyai ratusan pacat yang akan hinggap di kaki para pendaki, jadi lebih baik tidak beristirahat terlalu lama. Salah satu tantangan terberat mendaki Wang Gunung Perlis ialah menaiki trek 70 sampai 80 derajat yang curam, ditambah dengan batu-batu yang tajam jika tidak hati-hati maka kita akan terjatuh ke dalam jurang. Dalam perjalanan kita bisa menikmati panorama alam yang masih asri, suara burung yang merdu dan kita juga akan menjumpai beberapa gua di sana.

Tepat pukul 01:20 kami sampai juga di puncak Pintu Wang Gunung. Di atas bukit ini kita bisa melihat berbagai pemandangan yang indah karena di sebelah selatan kita langsung bisa melihat persawahan negara Thailand. Setelah mengambil foto secukupnya dan makan bersama tepat pukul 03 :00 kami memutuskan untuk kembali turun agar tidak kemalaman dalam hutan. Pada pukul 07 : 00 kami tiba di kaki bukit tempat awal berkumpul. Setelah melaksanakan Shalat magrib kami berhenti di Kota Perlis untuk makan malam dan akhirnya bertolak ke Pulau Pinang dan tiba di rumah sekitar pukul 01 :00 malam.

Pemandangan wang gunung
Pemandangan wang gunung

Bagi saya bisa haiking ke Wang Gunung Perlis merupakan sebuah pengalaman yang sangat bermanfaat. Selain harus membawa perlengkapan haiking, juga diperlukan kesiapan fisik yang kuat. Jadi jangan mencoba-coba haiking jika malam sebelumnya begadang. Di Malaysia Wang Gunung telah menjadi salah satu objek wisata alam yang masih terjaga keasriannya tanpa adanya tangan-tangan jahil yang merusaknya. Jika kalian adalah pecinta haiking maka kami rekomendasikan kalian untuk mencoba menguji adrenalin di Wang Gunung Perlis. Sekian. Semoga bermanfaat.

[Total: 2    Average: 5/5]